Sensasi Nyaman dan Lincah Suzuki Address

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah mencari kelebihan dan kekurangan Suzuki Address dalam keadaan diam, KompasOtomotif melanjutkan eksplorasi dengan tes jalan. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mempersilakan beberapa media otomotif nasional menggeber skutik andalan terbaru itu mengitari Jakarta beberapa waktu lalu.

Posisi duduk yang nyaman sudah KompasOtomotif temukan karena kombinasi dek luas, jok dan posisi setang. Saat pertama kali tuas gas diputar, mesin 113cc SOHC-nya cukup responsif. Karakter mesin langsung bisa terbaca, Suzuki ingin memberikan sensasi entakan di putaran bawah.

Kata Hariadi, Section Service Head 2W SIS, ada beberapa alasan Address lebih "galak". Salah satunya mempunyai injektor dengan enam lubang semprot, atau lebih banyak dua lubang jika dibandingkan Nex. Didukung kompresi 9,4:1 dan final gear yang dibuat sedemikian rupa hingga lebih enteng, torsi besar 9,1 Nm bisa diraih di 6.000 rpm.

Meski demikian, saat putaran mesin masuk ke putaran mesin tengah-atas, tenaga mulai terasa sebesar di putaran bawah, namun masih tergolong cukup mumpuni untuk kembali diajak ”lari”.

Lincah dan stabilSensasi yang langsung terasa adalah kelincahan. Sepeda motor ini terasa sangat mudah dikendalikan. Hal itu didapat karena sudut caster(jarak antara garis lurus dengan setang) 25 derajat, atau lebih pendek dibandingkan rata-rata skuter lain.

Kombinasi roda depan 80/90-14 dan roda belakang 90/90-14 terasa cukup pas untuk mengimbangi kelincahan itu. Suspensi teleskopik (depan) dan single shock (belakang) lembut khas Suzuki masih bisa dirasakan pada Address.

Menariknya, getaran mesin sangat minim terasa. Kembali Hariadi menjelaskan bahwa hal ini diperoleh karena mounting mesin berkode UK110 itu dibuat sedemikian rupa untuk meredam getaran. Ini membuat berkendara terasa nyaman, baik di jalan lurus maupun melibas tikungan.

Dengan segala kelebihan itu, SIS membidik Beat dan Mio (110) sebagai lawan. Sanggupkah punggawa baru sepeda motor Suzuki itu melawan?

Related Posts:

0 Response to "Sensasi Nyaman dan Lincah Suzuki Address"

Posting Komentar